Pertolongan Pertama Pada Penderita Gula Darah Rendah

HIPOGLIKEMIA
General

Pertolongan Pertama Pada Penderita Gula Darah Rendah

Gula darah rendah atau hipoglikemia umum dialami oleh pengidap diabetes melitus (DM). Alasannya karena penggunaan obat-obatan dapat menurunkan gula darah hingga ke tahap sangat rendah. Namun tidak menutup kemungkinan orang yang tidak mengidap DM pun mengalaminya.

Pada gejala gula darah rendah, jumlah gula darah berkisar di bawah 70 miligram per desiliter (mg/dL). Di fase ini, akan muncul berbagai keluhan, seperti kehilangan keseimbangan, badan gemetar, sakit kepala, sulit berkonsentrasi dan jantung berdebar-debar. Lalu pertolongan pertama apa yang harus dilakukan?

  1. Mengonsumsi Makanan atau Minuman Manis
    Pertolongan pertama gula darah rendah ini bisa dilakukan dengan minum jus buah atau larutan gula. Pengidap juga diperbolehkan mengonsumsi madu atau permen guna menstabilkan kadar gulanya. Saat kondisi sudah mulai membaik, disarankan untuk makan dalam porsi yang lebih banyak. Cara ini dapat membantu memulihkan kondisi dengan cepat.
  2. Mengonsumsi Camilan
    Langkah ini dapat dilakukan ketika gula darah mulai berangsur normal. Camilan manis dapat membantu mengisi kembali glikogen di dalam tubuh yang berfungsi sebagai bahan bakar atau energi. Adapun jenis camilan yang direkomendasikan, yakni buah, cokelat hitam, telur rebus atau kacang-kacangan.
  3. Mengonsumsi Karbohidrat
    Pertolongan pertama gula darah rendah ini dapat dilakukan dengan mengonsumsi nanas, kurma, kismis, pisang dan anggur. Asupan yang direkomendasikan yakni berkisar antara 15 hingga 20 gram.
  4. Periksa Kadar Gula Darah
    Setelah melakukan poin 1 sampai 1, selanjutnya adalah memeriksa kadar gula darah. Lakukan cara ini 15 menit setelahnya. Batas normal gula darah dalam tubuh yakni 70 mg/dL. Jika kadarnya masih di bawah bilangan tersebut, disarankan untuk memeriksanya kembali 15 menit kemudian.
  5. Injeksi Glukagon
    Injeksi glukagon dilakukan jika pengidap tidak dapat mengonsumsi makanan dan minuman, alias kehilangan kesadaran. Langkah ini diberikan melalui infus dan dilakukan di klinik atau rumah sakit terdekat. Kemudian, periksa kembali kadar gula 15 menit setelah pengobatan.

Jika kadar gula darah masih di bawah 70 mg/dL, pengidap disarankan untuk mengonsumsi 15 sampai 20 gram karbohidrat. Lalu periksakan kembali gula darah. Lakukan cara ini sampai gula darah berada di angka normal.

Leave your thought here

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *